Iklan

Saturday, April 21, 2012

Idola dan Teman Kado

Idola dan Teman Kado.
BismillahirRahmanirRahim
Idola adalah hal sesuatu yang dianggap penting dalam kehidupan, dia bisa memberikan motivasi, semangat, contohan dalam hal perilaku, dan selalu rindu ingin bertemu dengannya. Idola dapat dijadikan motivasi bagi diri, karena sang idola bukanlah orang yang sembarangan, perilaku sang idola adalah perilaku yang terpuji, ucapannya, tingkah lakunya, kelembutannya, pemikiranya, semua hal yang dilakukan sang idola adalah perilaku terpuji.
Ciri-ciri orang yang bisa dijadikan idola:
1.      Perilakunya baik disemua aspek kehidupan
2.      Memiliki charisma yang luar biasa
3.      Bisa merubah kehidupan kepada kebaikan
4.      Selalu dirindukan
5.      Memberikan keuntugan jika mengidolakannya
6.      Apa yang dia lakukan tak jauh dari kebenaran
7.      Sang idola mencintai siapa yang meng_idolakannya
Dari semua ciri-ciri yang menurut pendapat seseorang bisa dijadikan sang idola, semuanya saling menguntungkan bukan saja menguntungkan bagi pihak idola tetapi juga memberikan keuntungan bagi yang meng_idolakan,
Berusaha dalam mencari siapa idola yang paling tepat dalam hidup ini. Semua yang terdapat pada dirinya adalah yang terbaik, itulah yang lebih baik untuk dijadikan idola, dan berusaha untuk tidak menjadikan idola yang membuat waktu banyak tersita hanya untuk melihat aksi-aksi mereka di TV, bioskop atau ditempat hiburan lainnya.
Dilingkungan saat ini, mungkin tidak ada teman  yang tidak mengenal film korea, jepang, maupun film-film Hollywood yang seakan akan membuat orang tersebut terbawa mimpi untuk berjumpa dengan artis idolanya. Tidakkah terfikir!!! Apa manfaatnya melihat ini, apakah dia bisa memberikan manfaat atau malah hanya membuang waktu.  Jika didengar alasan mereka, bermacam alasan yang dikeluarkan, sebagai hiburan atau saya kan bisa memotivasi diri seperti apa yang mereka lakukan, memang benar yang dikatakan orang  “kita selalu saja membenarkan alasan sendiri untuk menutupi kejelekan dan aib-aib kita”, tetapi coba dibayangkan berapa waktu yang kita habiskan untuk menyaksikan mereka beraksi, apakah sebanding atau malah sebaliknya. Tidak usah jauh-jauh untuk memotivasi diri, orang tua juga bisa dijadikan motivasi kuat dan lebih bermanfaat dari pada mereka-mereka. Seseorang pernah berpendapat “aku tahu bahwa artis korea dan artis-artis yang lain memang menyuguhkan nafsu mata untuk terus melihatnya, akan tetapi aku takut waktu saya habis percuma dan andaikata aku menjadikan dia (artis2) sebagai idola, nanti bagaimana dengan istriku dan bagaimana dengan suamiku, aku tak ingin mendambakan seorang yang hanya dalam khayalanku” begitulah kurang lebih dia berpendapat.
Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam adalah contoh idola yang paling baik untuk dijadikan contoh perilaku, betapa dia menyayangi umatnya bahkan dia rela untuk menghabiskan usianya hanya untuk membuat umat manusia kembali kepada jalan yang lurus. Beliau tidak digaji, tidak diupah bahkan Rasulullah sering disakiti, dihina, dijadikan cemoohan bagi mereka yang belum mengerti akan arti kebenaran dan jalan yang lurus. Namun Rasulullah terus saja memperbaiki umat ini agar selamat dunia dan akhirat. Semoga apa yang  diusahakan Rasulullah untuk kita ummatnya bisa membuat kita menjadikannya sebagai idola dan suri tauladan dalam kehidupan.
Teman
            Teman adalah orang yang saling mengenal antara satu dan yang lain yang sudah memiliki hubungan yang cukup dekat. Adapun Teman Kado adalah teman yang bisa memberikan contoh perilaku yang baik dan banyak bermanfaat bagi diri.
Sebaiknya kita bisa memilih-milih teman yang ingin dijadikan teman dekat, dan berusaha untuk tidak terlalu dekat dengan teman yang kira-kira tidak membawa manfaat, namun tidaklah bagus jika kita menjauhkan diri dari orang-orang yang kita anggap tidak akan membawa dampak positif terhadap diri. Setiap manusia memiliki ciri khas yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain, disinilah kita akan mencuri, mengambil kemudian mempraktekkan ciri khas orang tersebut pada diri sendiri.
Seorang preman yang kebanyakan dicap sebagai orang yang berprilaku kurang sesuai dengan norma yang berlaku, tidaklah buruk dimata seseorang yang bisa mencari “apa sih kelebihan dari seorang preman” inilah pertanyaan yang harus dicari jawabanya. Seorang preman jika ditelusuri lebih lanjut akan memiliki kelebihan yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain, seorang preman biasanya memiliki sifat yang tegas, keras, tidak manja, teguh pendirian. Inilah yang harus diambil manfaatnya, semua jika dianalisa lebih dalam akan membawa pemikiran yang positif  jika diri pandai dalam mencari kekhasan setiap manusia dan mengambil kekhasan tersebut. Terus berusaha untuk tidak mengangap diri ini lebih dari orang lain akan membawa diri untuk tidak menutup mata mencari keistimewaan yang ada pada diri seseorang.
Banyak memiliki teman yang bisa membawa dampak positif akan membawa juga diri kepada dampak positif, berikut hadist nabi: Sahabat Anas ra berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda: "Perumpamaan duduk bersanding orang saleh dengan duduk bersanding dengan orang yang rendah moral ibarat duduk bersan­ding penjual minyak wangi dengan duduk bersanding tukang besi. Duduk bersanding penjual minyak wangi boleh jadi dia memberimu sebagai promosi, atau minimal kamu dapat mencium bau wanginya. Sedang duduk bersanding tukang besi boleh jadi kamu terkena kotoran hitam, atau paling tidak kamu terkena asapnya." (HR. Abu Dawud). Berarti Rasulullah menyarankan untuk berusaha mendekati orang  yang sholeh, tentulah orang yang sholeh memiliki banyak manfaat  yang bisa dilihat perilakunya untuk diterapkan.
Mari kita berusaha mencari orang yang bisa dijadikan suri tauladan dan terus berusaha untuk tidak membuang-buang waktu yang Allah berikan. Mulai dari hal yang kecil-kecil dan dilakukan saat ini juga.
Allahualam-Allah yang maha mengetahui dan ampuni kami yang berlebihan dalam membuat suatu pendapat dan argument.,Amin…….






No comments:

Post a Comment