Iklan

Friday, October 21, 2011

Sebagian Pengorbanan Rasulullah SAW

Rasulullah pernah mendapat teror yang sangat berat baik dari kaum yang kurang suka sama Rasulullah. Berbagai cobaan yang berupa pendustaan, konfrontasi, pengusiran, olok-olokan, umpatan, cercaan, dan tuduhan sebagai orang gila, dukun, penyair, tukan bikin ayat-ayat, telah dirasakannya.

Para sahabatya diusir, diperangi, dibunuh, para pengikutnya dihinakan, istri-istrinya dituduh melakukan perbuatan yang tidak senonoh, didera oleh berbagai macam hinaan, diancam dengan berbagai macam teror, diputuskan seluruh mata penghidupannya, dibuat lapar, dimiskinkan, dilukai, dilempar batu hingga gerahamnya copot, kepalanya terluka, harus rela kehilangan pamanya Abu Thalib yang selama ini membantunya, istrinya Khadijah meninggal terlebih dahulu, pernah diblokade di Syi'ib sampai dia dan para sahabatnya harus makan daun-daunan, ditinggal oleh putra putrinya, ruh anaknya Ibrahim dicabut di depan matanya sendiri, kekalahan yang menyakitkan dalam perang uhud, mayat Hamzah pamannya dikoyak koyak perutnya diperang uhud, harus menghadapi pembunuhan berencana berkali kali, harus mengikat batu di atas perutnya untuk menganjal rasa lapar, terkadang tidak mendapat sepotong roti gandum atau kurma yang paling jelek sekali kualitasnya, dan harus menelan pil pahit kehidupan.

Selanjutnya, dia dan para sahabatnya diintimidasi, hati mereka dibuat terhimpit hingga sampai kerongkongan.semua rencana dihalangi. Dia harus mendapat perlakuan kasar orang2 kejam, kezaliman orang2 yang sombong, perlakuan jahat orang2 badui arab, kesombongan orang2 kaya makar orang2 munafik dan kelambatan respon orang2 terhadap dakwah yang disebarkannya.
Namun akhirnya akibat baiknya tertuju untuk dirinya, dan kemenangan berpihak padanya, dan Allah pun memenangkan agamaNya, menolong hambaNya, menghancurkan musuh2Nya. Allah berkuasa terhadap perkaraNya tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahuinya.

No comments:

Post a Comment