Iklan

Saturday, October 29, 2011

Penggunaan Komputer dalam Perdagangan

Penggunaan Komputer dalam Perdagangan

BAB I
PENDAHULUAN


1.1.         LATAR BELAKANG

Pada saat ini perkembangan teknologi semakin pesat, oleh karena itu sudah banyak perusahaan-perusahaan maupun instansi-instansi baik formal maupun informal yang menggunakan system informasi untuk meningkatkan usahanya di tengah globalisasi yang sangat pesat.

Salah satu cara itu adalah dengan  meningkatkan kualitas Sistem Informasi yang baik. Dan syarat untuk membangun system informasi yang baik itu dengan keakuratan, ketelitian,

keakuratan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Komputer adalah suatu alat yang dapat menyimpan data, mengolah data, dan memberikan informasi yangdiinginkan secara tepat dan akurat yang berguna bagi kemajuan usaha.Komputer dapat dimanfaatkan dengan berbagai cara, mulai dari alat bantu menulis, menggambar, mengedit foto ataupun video, memutar video, memutar lagu, sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk mengoperasikan program-program penyelesaian problem-problem ilmiah, bisnis,mengendalikan mesin industri, bahkan mengendalikan pesawat ruang angkasa.

 Dibidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa, komputer akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat .Pada era sekarang ini khususnya dal am dunia perdagangan jaringan computer sangat bermanfaat sekali, dengan adanya jaringan computer proses perdangan semakin pesat dan dipermudah, yaitu dengan menggunakan fasilitas online.


1.2.         Rumusan masalah:
·        Apakah Permasalahan dalam perdagangan sebelum computer muncul.
·        Contoh Aplikasi yang digunakan dalam perdagangan
·        Apakah masalah teratasi dengan menggunakan computer
·        Apa dampak positif dan dampak negative dari computer dalam perdagangan.

1.3.         Tujuan:
·        Mengetahui masalah perdagangan sebelum adanya computer
·        Mengetahui aplikasi yang digunakan dalam perdagangan
·        Mengetahui evisensi computer dalam perdagangan
·        Mengetahui dampak positif dan negative computer dalam perdagangan.


BAB II
KAJIAN TEORI



2.1.     Pengertian Komputer.
           
Komputer adalah seperangkat alat yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia, apakah itu dalam perdagangan, pertahanan, perindustrian, administrasi, bisnis, dan masih banyak yang lainnya dengan menggunakan system informasi yang baik dan akurat.


2.2.     Pengertian Perdagangan
           
Perdagangan atau perniagaan adalah kegiatan tukar menukar barang atau jasa atau keduanya. Pada masa awal sebelum uang ditemukan, tukar menukar barang dinamakan barter yaitu menukar barang dengan barang. Pada masa modern perdagangan dilakukan dengan penukaran uang. Setiap barang dinilai dengan sejumlah uang. Pembeli akan menukar barang atau jasa dengan sejumlah uang yang diinginkan penjual .


2.3.     Komputer dalam perdagangan.

Banyak kalangan yang berpendapat bahwa saat ini adalah era informasi global, dimana era ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi Informasi yang perangkat utamanya adalah komputer. Informasi yang bisa dilakukan tidak hanya sekedar informasi suara atau gambar,namun informasi yang di sajikan bisa bersifat multi media.
Kita dapat memanfaatkan komputer dengan beragam cara mulai sebagai alat bantu menulis, menggambar, mengedit foto ataupun, memutar video,memutar lagu sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk mengoperasikan program-program penyelesaian problem-problem ilmiah, bisinis, mengendalikan mesin industri.




2.4.     Masalah dalam perdagangan sebelum computer muncul.
           
Sebelum muncul perangkat computer banyak permasalahan yang muncul karena pada saat sebelum computer ini muncul system perdagangan masih dikerjakan secara manual walaupun konsep-konsep system informasi itu sudah ada sebelum komputer ada namuan tetap saja terdapat kesulitan. Banyak kesulitan-kesulitan yang terdapat dalam perdagangan sehingga hasil yang diharapkan kurang maksimum.
           
Masalah-masalah tersebut antara lain:
·        Sistem Perdagangan yang manual sehingga susah untuk diedit jika terdapat kesalahan.
·        Susahnya komunikasi dalam perdagangan antara Negara-negara di dunia.
·        Ketertinggalan Informasi untuk memproduksi barang yang dibutuhkan oleh masyarakat baik dari luar negri maupun dalam negri.


2.5.     Aplikasi yang digunakan dalam perdagangan:
·        Inatrade
Digunakan oleh pihak pengusaha dalam proses pengajuan ijin eksport dan import.
·        Search Engine
Digunakan dalam system perdagangan online.
·        mobile trading
Aplikasi perdagangan untuk seluruh akun MetaTrader
·        Public Key Infrastructure (PKI)
·        H2H
digunakan untuk pendistribusian pulsa elektrik.
·        HTTPS


2.6.     Dampak Positif  dan dampak negative Komputer dalam Perdagangan.

Tentunya segala sesuatu tentunya terdapat positif dan negatifnya, begitu pula dengan Komputer dalam Perdangan, tidak sedikit keuntunganyang dapat kita peroleh dari pemanfaat computer dalam perdangan, namun disisi lain terdapat pula sisi negative akibat Komputer dalam Perdangan, berikut Dampak positif dan Negatif dalam pemanfaa tan Komputer dalamPerdagangan.

Dampak Positif :
1.   Komunikasi yang lebih baik
2.   Transpor tasi data yang cepat& aman
3.   Peker jaan selesai lebih cepat & akurat
4.   Ef isiensi tenaga kerja.

Dampak Negatif :
1.   Manusia tergantung dengan computer
2.   Kehilangan pekerjaan karena komputer lebih cepat & teliti
3.   Hacker yang merusak data-data dalam komputer walaupun sudah dipasword

2.7.     Apakah dengan adanya computer masalah teratasi setelah menggunakan computer.

                        Tentu sedikit atau banyaknya, computer memberikan kemudahan-kemudahan dalam hal perdagangan, bisa dibayangkan jika dalam perdagangan tidak menggunakan computer contohnya pada perdagangan yang skalanya besar atau perdagangan internasional.
computer tersebut sangat dibutuhkan untuk data yang akan dirancang untuk planning suatu produk.
                        Atau hal-hal lain seperti:
·        Bidang Industri dan Manufaktur
Di bidang industri, komputer telah dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer Numerical Contor) pengawasan numeric atau perhitungan, CAM (Computer Aided Manufacture),  CAD (Computer Aided Design)

·        Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer akan sangat penting untuk  kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Sistem Informasi Manajemen (SIM) / Management Information system (MIS), merupakan sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak bidang perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah, bahkan perusahaan kecil
Dan untuk semua itu mungkin computer sudah sangat membantu namun masih terdapat kelemahan computer tersebut dan itu lah yang perlu kita pelajari.


BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

3.1.     Kesimpulan
           
            Komputer berperan penting dalam perdagangan dan susah dibayangkan jika dalam perdagangan tidak ada computer sehingga dalam sebuah perkembangan usaha mengalami kesulitan untuk maju dan bersaing diera globalisasi saat ini.
            Perdagangan diera globalisasi dan era saing yang sangat pesat saat ini sangat membutuhkan informasi-informasi yang akurat, cepat, dan tentunya menguntungkan. Informasi-informasi tersebut tentunya bermanfaat dalam perkembangan usaha.


3.2.     Saran

            Tidak selamanya computer dalam perdagangan bermanfaat positif sehingga diperlukakan analisa, pemahaman, dan peninjauan agar masyarakat lebih nyaman dalam menggunakan computer dibidang perdagangan.


DAFTAR PUSTAKA


·        http://inatrade.kemendag.go.id/index.php
·        www.alpari-id.com/
·        http://ajimedia.com/290/manfaat-komputer




























No comments:

Post a Comment