Kamis, 11 Oktober 2012

Organisasi Karang Taruna


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
Dalam mendukung kegiatan dalam masyarakat untuk mencapai suatu tujuan merupakan keinginan semua masyarakat. Untuk itu didirikanlah organisasi-organisasi untuk mewujudkan suatu keinginan yang ingin dicapai. Organisasi juga diperlukan untuk mengkordinasikan segala sumber-sumber yang ada untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Kali ini organisasi yang akan diambil untuk penulisan ilmiah ini adalah organisasi yang berada dilingkungan dan disekitar masyarakat yaitu organisasi karang taruna. Karang Taruna adalah organisasi para pemuda atau remaja yang ada di desa atau kelurahan. Karang taruna berfungsi sebagai wadah pembinaan para pemuda desa atau kelurahan tersebut. Tugas utamanya berkaitan dengan kegiatan-kegiatan positif seperti kesenian, olahraga, bakti sosial dan kegiatan positif lainnya. Dan menurut Peraturan Menteri tentang Pedoman Dasar Karang Taruna menyebutkan bahwa “Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan terutama bergerak dibidang usaha kesejahteraan social”. Organisasi karang taruna ini seharusnya mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat, pemerintah serta pihak-pihak yang terkait. Dikarenakan akhir-akhir ini banyak pemuda-pemudi yang kurang mendapatkan perhatian serta sulitnya untuk mengekspresikan diri, sehingga kita dapat melihat apa yang remaja lakukan saat ini adalah hal-hal yang tidak diharapkan oleh semua pihak.
Oleh karena itu seharusnya organisasi karang taruna ini merupakan organisasi yang wajib dan harus ada disemua daerah untuk menampung dan membina pemuda-pemudi agar apa yang mereka kerjakan dan lakukan adalah hal-hal yang positif. Namun apa yang diharapkan? Data dari sebuah situs web resmi dari pemerintah menyebutkan bahwa ada kota yang tidak memiliki organisasi karang taruna, ini merupakan bukti bahwa organisasi karang taruna belum terlalu dimaksimalkan.
1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang dijelaskan diatas, terdapat beberapa rumusan masalah dalam kaitannya dengan organisasi karang taruna, yaitu sebagai berikut:
a.    Apakah manfaat dari kegiatan organisasi karang taruna?
b.    Bagaimana cara mengenalkan kepada masyarakat tentang karang taruna?
c.    Seberapa pentingkah karang taruna?


1.3  Metode penelitian
Dalam penulisan karya tulis ini untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan penulis menggunakan metode web searching dikarenakan saat ini website sudah memiliki banyak data-data yang sudah mendukung penulisan ilmiah ini, dan juga dari website dari pemerintah yang data-datanya sesuai dengan fakta yang ada di lapangan.

1.4  Tujuan Penelitiaan
Dengan adanya penulisan ilmiah ini diharapkan dapat membangkitkan semangat semua pihak untuk lebih mendukung organisasi karang taruna dikarenakan banyaknya kekacauan, tawuran, bentrokan antar warga dan segala kriminalitas lainnya sedikit dan banyaknya ini ada hubungan dengan kurangnya perhatian dan pembinaan diri pemuda-pemudi dikalangan masyarakat.


BAB II
PEMBAHASAN MASALAH

2.2       Apakah manfaat dari organisasi karang taruna?
            Dari pengertian karang taruna itu sendiri bahwa organisasi yang berada dilingkungan masyarakat yang digunakan untuk membina para muda-mudi dan melakukan kegiatan positif lainya. Berdasarkan PERATURAN MENTERI SOSIAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR : 77 / HUK / 2010 TENTANG PEDOMAN DASAR KARANG TARUNA, organisasi karang taruna memiliki manfaat sebagai berikut:

Pasal 5 :
Karang Taruna memiliki tugas pokok secara bersama-sama dengan Pemerintah, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota serta masyarakat lainnya menyelenggarakan pembinaan generasi muda dan kesejahteraan sosial.

Pasal 6 :
Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5, Karang Taruna mempunyai fungsi:
a.    mencegah timbulnya masalah kesejahteraan sosial, khususnya generasi muda;
b.    menyelenggarakan kesejahteraan sosial meliputi rehabilitasi, perlindungan sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial dan diklat setiap anggota masyarakat terutama generasi muda;
c.    meningkatkan Usaha Ekonomi Produktif;
d.    menumbuhkan, memperkuat dan memelihara kesadaran dan tanggung jawab sosial setiap anggota masyarakat terutama generasi muda untuk berperan secara aktif dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial;
e.    menumbuhkan, memperkuat, dan memelihara kearifan lokal; dan
f.     memelihara dan memperkuat semangat kebangsaan, Bhineka Tunggal Ika dan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2.3       Bagaimana cara mengenalkan kepada masyarakat tentang karang taruna?
Dizaman sekarang ini banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang pentingnya karang taruna diantaranya sebagai berikut:
a.    Melalui media massa seperti media cetak, TV, radio, internet.
b.    Melalui sosialisasi yang dilakukan diberbagai daerah.
c.    Melalui pendidikan yang dilakukan di sekolah-sekolah.
Diantara ketiga cara di atas, yang paling efektif adalah melalui media pertelevisian, yaitu dengan menayangkan iklah-iklah tentang kegiatan karang taruna, dikarenakan potensi dunia pertekevisian di Indonesia sangat besar, ini artinya bahwa penduduk di Indonesia pada umumnya sudah memiliki telivisi.

2.4       Seberapa pentingkah karang taruna?
Karang Taruna sangat berperan penting dalam membangun desa yang tertinggal karena dengan rasa cinta nya terhadap desa, masyarakat akan lebih mudah diajak untuk melakukan perubahan. Dan juga Karang Taruna memiliki peran yang sangat besar dalam mencerdaskan pemuda-pemuda Desa tidak sedikit pemuda-pemuda di Desa tertinggal yang putus sekolah mereka lebih memilih untuk bekerja dan juga beberapa tidak memiliki minat untuk mengenyam pelajaran yang ada disekolah karena mereka tidak mendapatkan sosisalisasi tentang pentingnya belajar.
Tetapi beberapa Karang Taruna telah berhasil menghapuskan main set itu dan membangun kembali semangat pemuda untuk mau kembali belajar, seperti yang ada pada Karang Taruna Jaya Kusuma ini mereka berhasil membuat program yang bernama sanggar sinawbareng yaitu tempat dimana masyarakat segala umur bisa mendapatkan pembelajaran yang baik dengan pengajar-pengajar yang sebagian besar juga berasal dari daerah setempat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan ilmu karena dengan kesamaan logat dan bahasa masyarakat setempat lebih cepat mencerna ilmu yang diberikan para pengajar tentu juga dengan tambahan beberapa fasilitas yang menunjang kegiatan pembelajaran seperti internet dan pojok baca.
Selain itu Karang Taruna Jaya Kusuma juga telah menyediakan kejar paket a, b, c agar tmasyarakat setempat tidak hanya dapat mengenyam pendidikan tetapi juga bisa mendapatkan ijazah paket a, b, atau c agar mereka yang telat melaksanakan kegiatan pembelajaran juga bisa mendapatkan ijazah paket yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan. Selain itu Karang Taruna Jaya Kusuma juga melakukan pengembangan dalam bidang ekonomi yaitu dengan mengajarkan masyarakat setempat kerajinan – kerajinan yang nantinya akan di pasarkan di pasar komunitas yang bekerja sama langsung dengan Karang Taruna.
keberadaan Karang Taruna sangatlah penting dalam membantu desa-desa yang tertinggal untuk mulai mengejar ketertinggalannya. Karena Karang Taruna bisa disebut sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah, pemerintah memang tidak andil langsung dalam hal ini tetepi pemerintah juga ikut membina dan juga memberikan dana untuk keberlangsungan program-program Karang Taruna. Karena pemerintah memiliki kesulitan untuk mengurusi daerah-daerah tertinggal di Indonesia ini, Karang Taruna bisa menjadi solusi yang baik untuk membantu masyarakat yang tertinggal mengejar ketertinggalan. Tentu pemuda daerahnya sendiri yang lebih mudah untuk menyelesaikan masalah di desanya, karena permasalahan setiap daerah tertinggal itu bermacam-macam dan yang tau masalah yang sebenarnya adalah mereka yang hidup dan mempunyai kehidupan di desa tersebut. Jadi ayo pemuda mulailah untuk berbenah diri dan ikut membenahi lingkungan kita.

BAB III
Kesimpulan

Jadi organisasi sangatlah penting dalam kehidupan, apalagi organisasi yang sangat berperan penting dalam perkembangan kepribadian anak-anak remaja karena akhir-akhir ini kenakalan remaja sudah sangat mengkhawatir, oleh karena itu organisasi ini seharusnya harus mendapatkan perhatian yang lebih dari semua kalangan baik dari pemerintah maupun masyarakat.



DAFTAR PUSTAKA


1 komentar:

  1. adakah landasan karang taruna semacam UU atau apapun itu?

    BalasHapus